Selasa, 08 Juni 2010

Lubang Besar di Guatemala


Ker Than

untuk Berita National Geographic


Aktivitas manusia, bukan alam, adalah kemungkinan penyebab dari sinkhole menganga yang dibuka di jalan-jalan di Guatemala City pada hari Minggu, kata ahli geologi.

Sebuah ledakan pipa selokan atau badai mungkin drain cekung rongga bawah tanah yang memungkinkan untuk membentuk jurang, menurut Sam Bonis, seorang ahli geologi di Dartmouth College di New Hampshire, yang saat ini tinggal di Guatemala City (peta).

Para Guatemala City sinkhole, diperkirakan 60 kaki (18 meter) lebar dan 300 kaki (100 meter) dalam, tampaknya telah dipicu oleh banjir dari Agatha badai tropis.

Tapi rongga yang terbentuk di tempat pertama karena kota-dan infrastruktur-nya bawah tanah dibangun di wilayah di mana beberapa ratus meter pertama tanah sebagian besar terdiri dari bahan yang disebut batu apung mengisi, diendapkan selama letusan gunung api.

"Banyak kali, batu apung vulkanik berasal sebagai [aliran longgar, partikel seperti kerikil-], dan karena panas dan berat, menjadi dilas ke dalam batuan padat," kata Bonis.

"Di Guatemala City [apung adalah] tidak dikonsolidasi, itu lepas," katanya. "Itu belum mengeras menjadi batu lagi, sehingga mudah terkikis, terutama dengan air mengalir deras."

Secara umum, peraturan zonasi dan kode bangunan di Guatemala City miskin, Bonis kata, dan beberapa peraturan yang ada sering diabaikan. Itu berarti bocor pipa bisa pergi lama tidak tetap cukup untuk menciptakan kondisi yang tepat untuk lubang pembuangan. (Terkait gambar: "Bagaimana bisa Trigger Gempa Bumi Manusia.")

Bahkan, Bonis berpikir menyebut Guatemala City jurang jurang adalah nama yg salah-benar sebuah lubang pembuangan seluruhnya merupakan fenomena alam. Tidak ada istilah ilmiah untuk apa yang terjadi di Guatemala, katanya, menambahkan bahwa ia merekomendasikan pit dinamakan sebagai fitur perpipaan.

Guatemala sinkhole Tidak jurang

Alam sinkholes umumnya terbentuk ketika berat, jenuh air tanah menyebabkan atap sebuah rongga batu kapur bawah tanah runtuh, atau ketika air melebar patah alam di batuan kapur.

Tetapi tidak ada kapur di bawah bagian dari Guatemala City dimana sinkhole baru muncul, paling tidak pada kedalaman di mana lubang terbentuk, kata Bonis.

"Mungkin ada kapur ribuan meter di bawah kota, tetapi tidak ratusan meter," katanya.

Sebaliknya, alam kemungkinan mempercepat proses digerakkan oleh tindakan manusia. (Related: "'Gunung Lumpur di Indonesia disebabkan oleh Eksplorasi Gas, Study Says.")

Recent letusan gunung berapi di Guatemala tercakup beberapa kota di dalam lapisan abu vulkanik segar. Jika bahan ini masuk ke dalam pipa kota dan saluran air, mungkin telah tersumbat lorong-lorong, membuat pecah lebih mungkin, kata Bonis.

Hujan lebat dari Agatha badai tropis mungkin juga memiliki kelebihan beban pembuangan bawah tanah atau drainase pipa, yang mengarah ke rongga berkembang yang akhirnya runtuh, Bonis berspekulasi.

ahli geologi itu menambahkan bahwa saham sinkhole baru Kesamaan luar biasa dengan lubang pembuangan yang dibentuk di Guatemala City pada tahun 2007.

"Kedua hal ini terjadi di bagian umum yang sama dari kota. Mereka terlihat sama," katanya. "Ini lebih dari kebetulan, terutama jika mereka jejak" setiap pipa yang rusak terkait dengan sinkhole 2010 untuk pipa dekat sinkhole 2007.

Pemeriksaan Guatemala Sewer Kota Harus

bahaya tidak seharusnya berita untuk pejabat di Guatemala City, mencatat Bonis, yang dulu bekerja untuk lembaga geologi nasional pemerintah Guatemala's.

Sebagai bagian dari sebuah tim relawan yang menyelidiki sinkhole 2007, Bonis turut menulis sebuah laporan pemerintah Guatemala peringatan bahwa lubang yang sama akan sangat mungkin tetap muncul kecuali tindakan diambil untuk memeriksa sistem saluran pembuangan kota untuk kelemahan. (Watch video penyelam selokan di Mexico City.)

Pemerintah tidak pernah menjawab, Bonis kata-mungkin karena kurangnya dana.

"Ada minimal peraturan, karena itu uang bahwa pemerintah tidak memiliki," katanya.

Tapi, ia menambahkan, "ada harus menjadi cara memeriksa sistem saluran pembuangan ... Ini adalah hal-hal yang harus dilakukan.."

0 komentar:

Posting Komentar